Kurikulum Khas, Sebuah Riset dan Inovasi
Pengembangan dan inovasi kurikulum untuk pembelajaran daring yang tetap bermakna dan optimal.
Pengembangan dan inovasi kurikulum untuk pembelajaran daring (online) yang tetap bermakna dan optimal memerlukan pendekatan yang kreatif dan adaptif, mengingat tantangan unik yang dihadapi dalam lingkungan belajar virtual. Fokus utamanya adalah pada peningkatan keterlibatan siswa, pemanfaatan teknologi yang efektif, dan pengembangan metode pengajaran yang menyesuaikan dengan berbagai gaya belajar.
Kurikulum Khas
Kurikulum khas “TSL Islamic Lab School” merupakan integrasi antara Kurikulum TSL (Tarbiyah Sunnah Learning) Islamic Essential Knowledge, Kurikulum Merdeka, dan standar-standar pendidikan internasional lainnya. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan sistem pendidikan yang komprehensif, yang tidak hanya memenuhi standar akademik global tetapi juga memperkuat nilai-nilai Islam dan kearifan lokal.
Kurikulum yang dikembangan dan mendukung secara holistik integratif dan inklusif
Kurikulum pendidikan yang dikembangkan untuk sekolah berbasis Islam terpadu, holistik integratif, dan inklusif, menitikberatkan pada penggabungan nilai-nilai Islam dengan pendidikan formal untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pertumbuhan intelektual, spiritual, emosional, dan sosial siswa. Kurikulum ini dirancang untuk mempersiapkan siswa agar dapat berkontribusi secara positif pada masyarakat global sambil mempertahankan identitas Islami mereka.
Riset dan Siklus.
Riset dan Siklus.
Kurikulum khas Tarbiyah Sunnah Learning (TSL) yang akan terus dikembangkan dan dievaluasi secara kontinu mencerminkan komitmen terhadap penyediaan pendidikan berkualitas yang dinamis, adaptif, dan responsif terhadap perubahan kebutuhan siswa serta tantangan lokal dan global. Pendekatan ini memastikan bahwa kurikulum selalu relevan, efektif, dan sesuai dengan nilai-nilai Islam
Karakteristik Kurikulum Khas TSL
Penanaman Fondasi, Pengembangan dan Implementasi Nilai-Nilai Esensial KeIslaman
Hal ini dimulai dari Al Qur’an, Adab dan Akhlak, Aqidah, Fiqh, Hadits, Takziyatun Nufus, Tarbiyah Jinsiah dan Pendidikan Mental.
Pengembangan Soft Skill dan Karakter
Pengembangan soft skill dan karakter melaui projek penguatan profil pelajar.
Fokus Pada Materi Esensial dan Pembelajaran yang fleksibel
Fokus pada materi esensial, relevan dan mendalam sehingga tersedia waktu yang baik untuk membangun kreativitas dan inovasi peserta didik dalam mencapai komptensi dasar. Kemudian keleluasaan bagi guru untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan individu peserta didik dengan penyesuaian konteks dan muatan lokal.