Mendidik adalah hal terpenting bagi orang tua untuk membentuk pribadi dan karakter anak.

Tapi, tahukah Ayah dan Bunda urgensi dari mendidik anak yang perlu diperhatikan?

๐Ÿ“Œ URGENSI MENDIDIK ANAK SECARA UMUM

Sesungguhnya pendidikan itu merupakan amal terbaik (afdhodul a’mรฅl) dan ibadah yang paling mendekatkan kepada Allah (aqrobul qurubรขt), karena pendidikan itu itu adalah dakwah, ta’lim (pengajaran), nasehat, irsyad (bimbingan), amal (praktik), qudwah (teladan) dan manfaat bagi individu dan masyarakat.

Bagaimana tidak dikatakan bahwa pendidikan ini termasuk amalan yang paling utama dan mulia, padahal ia merupakan tugasnya pada nabi dan rasul.

Allah Ta’ala berfirman:

ู‡ููˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุจูŽุนูŽุซูŽ ูููŠ ุงู„ุฃูู…ูู‘ูŠูู‘ูŠู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู‹ุง ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ูŠูŽุชู’ู„ููˆ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุขูŠูŽุงุชูู‡ู ูˆูŽูŠูุฒูŽูƒูู‘ูŠู‡ูู…ู’ ูˆูŽูŠูุนูŽู„ูู‘ู…ูู‡ูู…ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจูŽ ูˆูŽุงู„ู’ุญููƒู’ู…ูŽุฉูŽ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ููˆุง ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู ู„ูŽูููŠ ุถูŽู„ูŽุงู„ู ู…ูุจููŠู†ู

“Dialah Allรขh yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab (al-Qur’an) dan Hikmah (as-Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (Q.S al-Jumu’ah: 2)

๐ŸŒ Sumber:
PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Judul Asli: Tarbiyatul Aulad kama yarooha al-Qur`an.
Karya Syaikh Fadhlullah Jalaluddin
Dialih bahasakan oleh Ustadz Abu Salma Muhammad.

Schedule appointment

tslislamicschool

Vestibulum ante ipsum

Vestibulum ac diam sit amet quam vehicula elementum sed sit amet dui. Donec rutrum congue leo eget malesuada vestibulum.